Tips Perawatan Vinyl Lantai Motif Kayu Agar Selalu Tampak Baru

Vinyl lantai tersedia dalam beragam motif, salah satunya motif kayu. Vinyl lantai motif kayu sangat sesuai diterapkan pada desain rumah yang mengusung konsep ala pedesaan atau alami. Dari segi tampilan, vinyl motif kayu memiliki karakter halus, lembut dan tidak licin. Dengan karakternya tersebut, vinyl motif kayu bisa dipilih oleh keluarga yang mempunyai balita.

Tips Perawatan Vinyl Lantai Motif Kayu

Lantai vinyl dengan motif kayu bisa berfungsi sebagaimana mestinya sekaligus mempercantik tampilan rumah apabila dirawat secara tepat. Untuk segi perawatannya, anda bisa simak ulasan yang kami bagikan berikut ini.

Menyapu Lantai Secara Menyeluruh

Salah satu perawatan lantai vinyl yang harus anda lakukan ialah menyapunya secara menyeluruh. Setiap harinya, akan selalu ada debu yang hinggap di lantai. Oleh sebab itu, menyapu harus dilakukan secara rutin. Akan tetapi, perlu untuk anda ketahui bahwa lantai vinyl sangatlah sensitif terhadap permukaan yang kasar. Maka dari itu, gunakan sapu yang dibuat dari bahan dasar yang lembut. Bisa juga anda menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran.

Pembersihan Noda Membandel

Untuk membersihkan noda yang membandel, anda bisa cairan MPC untuk disemprotkan ke noda. Lalu gunakan spons lembut untuk menggosoknya sampai bersih. Jika sudah, anda keringkan lantai dengan kain lap kering. Langkah selanjutnya, anda lakukan coating untuk membuat lantai tampak mengkilap. Apabila lantai terkena tumpahan cairan seperti teh, kopi atau sirup, anda harus segera membersihkan kotorannya sebelum kering agar tidak timbul noda flek permanen.

Menghilangkan Goresan

Vinyl lantai motif kayu yang tergores bisa anda hilangkan dengan menggunakan sedikit minyak dan bantuan kain halus. Kemudian gosokkan pada permukaan lantai yang tergores. Jika goresan tersebut hanya berupa goresan ringan, biasanya akan mudah dihilangkan. Akan tetapi, jika goresan sudah terlalu parah, anda perlu menggantinya dengan lantai yang baru.

Perawatan Ekstra

Vinyl lantai yang sudah lama digunakan bisa mengalami pengelupasan karena daya rekat lem yang mulai berkurang. Untuk menanganinya, anda bisa merekatkannya kembali dengan lem supaya lantai tampak baru. Hindari menggeser benda, khususnya benda yang berat di atas vinyl. Dengan begitu, lantai tak akan menjadi mengerut, robek ataupun rusak permanen. Apabila anda ingin memindahkan furniture besar dan berat, anda bisa memanfaatkan alas papan untuk menggesernya.

Menggunakan Campuran Cuka

Tips perawatan vinyl lantai motif kayu lainnya ialah dengan menggunakan campuran cuka. Cuka adalah salah satu bahan pembersih yang multifungsi. Tak hanya bisa digunakan untuk membersihkan lantai vinyl saja, cuka juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lantai kayu dan keramik yang kusam. Cuka ini bisa dikombinasikan dengan alat pel. Kandungan asam yang ada di dalamnya terbukti ampuh dalam menghilangkan jejak noda pada lantai vinyl motif kayu.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6285719884882