Cara Pasang Lantai Kayu Parket Mudah Dipraktekkan

Untuk menciptakan kesan natural, anda bisa menghadirkan lantai kayu parket pada rumah anda. Ada banyak keunggulan yang bisa anda dapatkan apabila menerapkan lantai kayu ini. Selain harganya yang terjangkau, lantai kayu ini juga mudah perawatannya. Disamping itu, cara instalasi lantai kayu ini juga mudah. Anda tak membutuhkan banyak tenaga dan waktu dalam memasangnya.

 

Cara Pasang Lantai Kayu Parket

Di bawah ini adalah cara pasang lantai kayu parket selengkapnya untuk anda. Pastikan anda menyimak setiap detail instalasi dan jangan ragu untuk mempraktekkannya.

Persiapan

Sebelum dipasang, diamkan parket beradaptasi dulu dengan suhu ruangan setidaknya 1 hari. Kelompokkan lembar parker yang didasarkan pada motif sama. Potong kayu parket dengan rapi. Selain kayu parket, pastikan anda juga mempersiapkan lantainya. Lapisi seluruh lantai dengan foam untuk menahan air dari bawah sehingga lantai tak akan berjamur. Foam bisa direkatkan dengan lakban.

Instalasi

Ada beberapa metode yang bisa anda gunakan dalam pemasangan lantai parket, salah satunya yaitu sistem click. Sistem yang satu ini memungkinkan salah satu sisi parket mempunyai lidah, sementara sisi lainnya berlubang. Dengan sistem ini, anda bisa memasang tiap lembaran parket. Setelah anda selesai memasang dua lembar parket, anda perlu memukulnya dengan palu karet supaya parket bisa masuk dengan benar dan kuat. Jangan pakai palu besi karena bisa merusak lantai parket.

Langkah selanjutnya, tiap pertemuan dengan dinding, anda perlu memasang spacer. Hal ini dilakukan untuk memberi jarak antara dinding dan lantai. Setelah itu, anda pasang seluruh lembar secara rapi dan kuat. Lakukan secara teliti agar tak ada celah lantai yang terlihat. Cermati setiap celah yang ada di lantai. Pemasangan lantai parket yang asal-asalan tentu saja akan mengganggu pandangan karena hasilnya tak memuaskan.

Pengamplasan

Pengamplasan perlu anda lakukan untuk perataan pada parket. Seringkali bagian parket yang sudah terpasang tampak ada bagian yang tinggi sedikit atau ke bawah sedikit. Fungsi amplas dan mesin amplas ialah untuk meratakan bagian parket tersebut. Tak perlu buru-buru dalam menggunakan mesin amplas supaya hasil yang didapat bisa lebih maksimal.

Finishing

Setelah melakukan pengamplasan dengan bantuan mesin amplas, anda bisa melakukan finishing. Tahap finishing bisa dilakukan dengan menggunakan bahan sesuai kebutuhan dan keinginan anda. Adapun jenis bahan finishing yang umum digunakan diantaranya yaitu melamine 2 komponen, UPL (Ultran Parquet Lack) dari PU (Poly Urethane) dan APL (Aqua Parquet Lack) yang bercampur air.

Setelah anda memilih jenis bahannya, anda bisa langsung melakukan finishing. Lakukan finishing secara merata supaya semua sisi permukaan lantai kayu parket tampak mengkilap. Gunakan kuas agar lebih rata ketika menggunakannya. Apabila sudah teroleskan semua bahannya, tunggulah sampai kering. Kemudian amplas lagi dan diikuti dengan finishing. Lakukan 2-3 kali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6285719884882