Mengintip Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl Sebelum Membelinya

Lantai vinyl menjadi salah satu solusi terbaik bagi anda yang menginginkan interior rumah yang tampak cantik dan elegan. Jenis lantai ini juga memiliki kelenturan yang baik sehingga tak mudah mengalami kerusakan. Hanya saja, dibalik kelebihannya tersebut, lantai vinyl ternyata menyimpan kekurangan. Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan lantai vinyl, anda simak saja ulasan berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

Sama halnya jenis lantai lainnya, lantai vinyl juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya, diharapkan anda bisa menyesuaikan lantai vinyl dengan kebutuhan interior rumah. Untuk kali ini, kami akan ajak anda membahas kelebihan lantai vinyl terlebih dahulu. Berikut ulasannya.

Kelebihan Lantai Vinyl

Salah satu kelebihan lantai vinyl ialah teksturnya yang halus. Permukaan lantai vinyl terbukti lebih halus daripada permukaan lantai parket. Hal ini dikarenakan adanya bahan pelapis berupa kain yang ada di bagian bawah lantai. Dengan begitu, lantai menjadi lebih empuk dan nyaman saat dipijak. Jenis lantai vinyl ini juga mempunyai sifat yang lembut.

Selain memiliki tekstur yang halus, lantai vinyl juga tersedia dalam banyak pilihan. Varian lantai vinyl dikategorikan berdasarkan warna, gaya, corak, hingga ukuran. Bahkan banyak pula desain lantai vinyl yang dirancang mirip dengan material lain, seperti kayu dan bebaturan. Dari kejauhan, anda pasti akan kesulitan dalam membedakan antara lantai vinyl dan material aslinya.

Lantai vinyl terbukti memiliki daya tahan yang lama dan awet untuk beberapa tahun pemakaian. Bahkan lantai ini kuat dipakai sampai 20-25 tahun. Hal ini dikarenakan bahan dasarnya dicampur dengan berbagai bahan kimia. Selain itu, lantai vinyl ini juga bisa tahan terhadap beragam kondisi cuaca. Paparan sinar matahari langsung dan guyuran air hujan yang deras tak bisa menciptakan kerusakan pada lantai vinyl ini. Oleh sebab itu, lantai ini bisa dipasang dengan mudah, baik itu di dalam maupun di luar rumah.

Kelebihan lantai vinyl selanjutnya ialah segi pemasangan dan perawatannya yang mudah. Saat pemasangan, lantai ini bisa ditempelkan pada keramik yang telah lebih dulu terpasang. Hal ini dapat menciptakan nuansa baru di rumah tanpa harus repot-repot mengeluarkan biaya tambahan untuk pembongkaran. Sementara untuk perawatannya, lantai ini tahan terhadap kotoran dan tak akan menyerap air. Lantai hanya perlu disapu dan dipel secara teratur.

Kekurangan Lantai Vinyl

Beralih ke kekurangannya, lantai vinyl cenderung kurang diminati karena material pembuatannya. Dimana vinyl dibuat dengan polyvinyl chloride (PVC). PVC ini bisa melepaskan volatile organic compounds (VOC) secara bebas ke udara. Untuk orang yang sensitif terhadapnya, hal tersebut akan sangat berbahaya. Akan tetapi, sejak 2010 telah banyak pabrik yang mulai meminimalisir kandungan PVC di dalam produknya. Disamping itu, sifat lantai vinyl relatif lembut sehingga rentan rusak apabila terkena benda tajam. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan lantai vinyl bisa membuat anda lebih yakin dalam pengaplikasiannya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order / Konsultasi: 6285719884882